Pages

Rabu, 12 Desember 2012

mencari nilai akhir


mencari nilai akhir
MAKALAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Semester V
Program Strata Satu (S.1)
Mata Kuliah : Sistem Evaluasi Pembelajaran
Dosen
Drs. H. Ari Tasiman, M. Pd
Disusun oleh:
Disusun Oleh :
1.      Aftri Rejeki                       (2103941)
2.      Aviani Nur Avivah           (2104166)
3.      Agus Nawawi                    (2104140)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
(STAINU) KEBUMEN
2012
 
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT  yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas mata kuliah Sistem Evaluasi Pembelajaran dengan judul “Mencari Nilai akhir” Semester lima program studi PAI di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Kebumen.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat Bapak Drs. H. Ari Tasiman, M. Pd selaku dosen pembimbing mata kuliah Sistem Evaluasi Pembelajaran. Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, kami mengharap saran dan kritik yang bersifat membangun untuk memperbaiki makalah ini di masa yang akan datang.
Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat terutama bagi penulis dan bagi pembaca pada umumnya. Akhirnya kepada Allah jugalah semuanya kita kembalikan.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
    
Kebumen,………. 2012


Penyusun
DAFTAR ISI
HalamanJudul…..………………………………………………………………..     i
Kata Pengantar…..………………………………………………...……………..     ii
Daftar Isi…….…………………………………………………………………...     iii
BAB I.  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah…………………………………………………….     1
B.                                                                                                                              Rumusan Masalah…………………………………………………………..                      1
BAB II.  PEMBAHASAN                                                                                       
A.  Definisi Nilai Akhir……………………....………………......……………..      2
B.  Fungsi Nilai Akhir……….....……..………………………………………...      2
C.  Faktor Pertimbangan dalam Menentukan Nilai Akhir..………...…………..      4
D.  Cara Menentukan Nilai Akhir…………………………………………....          5
BAB III.  PENUTUP
A. Kesimpulan………………………………………………………………….     8
B.                                                                                                                              Saran………………………………………………………………………...                                                                                                                             8
Daftar Pustaka……………………………………………….…………............     iv





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Bagi seorang siswa, nilai merupakan sesuatu yang sangat penting karena nilai merupakan cermin dari keberhasilan belajar. Namun bukan hanya siswa sendiri saja yang memerlukan cerminan keberhasilan belajar; guru dan dan orang lainnyapun, memerlukannya. Sehingga pemberian nilai akhir bagi siswa menjadi sangat penting dalam rangka memetakan kemampuan siswa
Data nilai dapat mencakup nilai tugas, nilai ulangan harian, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester dan nilai rangkaian kegiatan, seperti penulisan karangan, pekerjaan rumah, partisipasi dalam kelas, praktek dan sebagainya. Nilai akhir yang diberikan kepada siswa ditentukan berdasar nilai akhir tersebut, sehingga nilai akhir ini merupakan kesimpulan nilai-nilai yang dicapai oleh siswa dalam ujian akhir dan rangkaian kegiatan yang telah dilakukannya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa definisi dari nilai akhir ?
2.      Apa sajakah fungsi dari nilai akhir ?
3.      Apa sajakah faktor yang perlu dipertimbangan dalam menentukan nilai akhir ?
4.      bagaimana cara dalam menentukan nilai akhir ?





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Definisi Nilai Akhir
Nilai akhir sering juga dikenal dengan istilah nilai final yaitu nilai baik berupa angka atau huruf yang melambangkan tingkat keberhasilan peserta didik setelah mereka mengikuti program pendidikan pada jenjang pendidikan tertentu, dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Nilai merupakan pemberian dan penentuan pendapat pendidik terhadap peserta didiknya, terutama mengenai perkembangan, kemajuan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh peserta didik yang berada dibawah asuhannya, setelah mereka menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
B.     Fungsi Nilai Akhir
Penentuan nilai akhir secara garis besar memiliki empat macam fungsi yaitu: fungsi intruksional, fungsi informatif, fungsi bimbingan dan fungsi administratif.[1]
1.      Fungsi Intruksional
Tidak ada tujuan yang lebih penting dalam proses belajar mengajar kecuali mengusahakan agar perkembangan dan belajar siswa mencapai tingkat optimal. Pemberian nilai merupakan salah satu cara dalam usaha ke arah tujuan itu, asal dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana.
Pemberian nilai merupakan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memberikan suatu balikan (feed back / umpan balik) yang mencerminkan seberapa jauh seorang siswa telah mencapai tujuan yang ditetapkan dalam pengajaran atau system instruksional.
Apabila pemberian nilai dapat dilakukan dengan cermat dan terperinci, maka akan lebih mudah diketahui pula keberhasilan dan kegagalan siswa disetiap bagian tujuan. Oleh karena itu, penggabungan nilai dari berbagai nilai sehingga menjadi nilai akhir, kadang-kadang dapat menghilangkan arti dari petunjuk yang semula telah disajikan secara teliti. Nilai rendah yang diperoleh seorang atau beberapa siswa, jika disajikan dalam keadaan yang terperinci akan membantu siswa dalam usaha memperbaiki dan memberi motivasi peningkatan prestasi berikutnya. Bagi pengelola pengajaran, sajian terperinci nilai siswa dapat berfungsi menunjukan begian-bagian proses mana yang perlu diperbaiki.
2.       Fungsi Informatif
Memberikan nilai siswa kepada orang tuanya mempunyai arti bahwa orang tua tersebut menjadi tahu akan kemajuan dan prestasi putranya di sekolah. Catatan ini akan sangat berpengaruh, terutama bagi orang tua yang ikut serta menyadari tujuan sekolah dan perkembangan putranya. Dengan catatan ini orang tua akan:
a.       Sadar terhadap keadaan putranya, untuk kemudian lebih baik memberi bantuan berupa perhatian, dorongan ataupun bimbingan, dan
b.      Hubungan orang tua dengan sekolah semakin lebih baik.

3.      Fungsi Bimbingan
Pemberian nilai kepada siswa akan mempunyai arti besar bagi pekerjaan bimbingan. Dengan perincian gambaran nilai siswa, petugas bimbingan akan segera tahu bagian-bagian mana dari usaha siswa disekolah yang masih memerlukan bantuan. Catatan lengkap yang juga mencakup tingkat (rating) dalam kepribadian siswa serta sifat-sifat yang berhubungan denga rasa sosial akan sangat membantu siswa dalam mengarahkannya sebagai pribadi yang seutuhnya.
4.      Fungsi Administratif
Secara administratif pemberian nilai akhir oleh seorang pendidik terhadap peserta didiknya itu memiliki fungsi sebagai berikut:
1.      Menentukan kenaikan dan kelulusan siswa.
2.      Memindahkan atau menempatkan siswa.
3.      Memberikan beasiswa.
4.      Memberikan rekomendasi untuk melanjutkan belajar.
5.      Memberi gambaran tentang prestasi siswa/lulusan kepada para calon pemakai tenaga kerja.

C.    Faktor Pertimbangan dalam Menentukan Nilai Akhir
Walaupun hal yang dinilai tidak sama bagi setiap sekolah, namun secara garis besar dapat ditentukan unsur umum dalam penilaian yang menyangkutnya faktor-faktor yang harus dipertimbangkan. Unsur-unsur umum tersebut adalah: prestasi/pencapaian, usaha, aspek pribadi dan sosial, kebiasaan bekerja.[2]
1.         Prestasi / Pencapaian (achievment)
Nilai prestasi harus mencerminkan tingkatan-tingkatan siswa sejauh mana telah dapat mencapai tujuan yang ditetapkan di setiap bidang studi. Simbol yang digunakan untuk menyatakan nilai, bail huruf maupun angka, hendaknya hanya merupakan gambaran tentang prestasi saja. Unsur pertimbangan atau kebijaksanaan guru tentang usaha dan tingkah laku siswa tidak boleh ikut berbicara pada nilai tersebut.
2.         Usaha (effort)
Disamping nilai-nilai hasil belajar yang diacapai oleh peserta didik, faktor usaha yang telah mereka lakukan juga perlu mendapat pertimbangan dalam rangka penentuan nilai akhir. Sekalipun misalnya seorang peserta didik hanya dapat mencapai nilai-nilai hasil belajar yang minimal (prestasinya rendah), namun apabila pendidik dengan secara cermat dapat mengamati – sehingga dapat diperoleh bukti bahwa dengan nilai-nilai hasil test, hasil belajar yang rendah itu sebenarnya sudah merupakan hasil usaha yang sungguh-sungguh (sangat rajin dalam mengikuti pelajaran, tekun didalam belajar dan sebagainya), maka sudah selayaknya kepada peserta didik tersebut dapat diberikan nilai penunjuang sebagai penghargaan atas usaha sungguh-sungguh dari peserta didik itu, tanpa mengenal rasa putus asa.
Sebaliknya bagi peserta didik yang memiliki nilai-nilai hasil tes hasil belajar yang rendah tetapi dengan nilai-nilai yang rendah itu peserta didik tadi tidak tampak adanya usaha yang sungguh-sungguh untuk memperbaiki prsetasinya (malas dalam mengikuti pelajaran, sering membolos, belajar setengah-setengah dan sebagainya), maka adalah cukup beralasan bagi pendidik untuk memberikan nilai akhir menurut apa adanya.
3.        Aspek Pribadi dan Sosial (personal and social characterisitics)
Karakter yang dimiliki oleh peserta didik baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok perlu juga mendapat pertimbangan dalam penentuan nilai akhir.
            Seorang peserta didik yang sekalipun prestasi belajarnya tergolong menonjol namun akhlaknya tidak baik, indisipliner, sering berbuat curang atau berbuat onar dan sebagainya perlu mendapatkan ”hukuman” seimbang berupa pengurangan nilai akhir.

4.  Kebiasaan Bekerja (working habits)
Yang dimaksud dengan kebiasaan kerja disini adalah hal-hal yang berhubungan dengan kebiasaan melakukan tugas. Misalnya: tepat waktu atau tidaknya dalam menyerahkan pekerjaan rumah (PR), rapih tidaknya hasil pekerjaan rumah tersebut, ketelitiannya dalam menghitung dan sebagainya. Dapat juga dimasukan disini: kebersihan badan, kerapian berpakaian dan sebagainya.
D.     Cara Menentukan Nilai Akhir
Tiap guru mempunyai pendapat sendiri tentang cara menentukan nilai akhir. Hal ini sangat dipengaruhi oleh pandangan mereka terhadap penting dan tidaknya bagian yang dilakukan siswa. Yang dimaksudkan dengan kegiatan-kegiatan siswa misalnya: menyelesaikan tugas, mengikuti diskusi, menempuh tes formatif, menempuh tes tengah semester, tes semester, rajin dalam mengikuti proses KBM, dan sebagainya.
            Penentuan nilai akhir dilakukan terutama pada waktu guru akan mengisi raport atau STTB. Biasanya dalam menentukan nilai akhir ini guru sudah dibimbing oleh suatu peraturan atau pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah atau kantor/badan yang membawahinya.[3]
Dibawah ini terdapat beberapa rumus untuk menetukan nilai akhir yaitu sebagai berikut:
a.       Memperoleh nilai akhir dengan mempertimbangkan nilai tes formatif dan tes sumatif.
  
Keterangan:
NA    : Nilai Akhir
F       : Nilai Tes Formatif
S       : Nilai Tes Sumatif

b.      Nilai akhir diperoleh dari nilai tugas, nilai ulangan harian, dan nilai ulangan umum dengan bobot 2,3, dan 5.
Keterangan:
NA    : Nilai akhir
T       : Nilai tugas
H       : Nilai ulangan harian (rata-ratanya)
U       : Nilai ulangan umum.
c.       Nilai akhir untuk STTB diperoleh dari rata-rata nilai ulangan harian (diberi bobot 1) dan nilai EBTA (diberi bobot 2), kemudian dibagi 3.


Keterangan:
∑ H   : Jumlah nilai ulangan harian
E        : Nilai EBTA
nH     : Frekuensi ulangan harian
Setelah hasil-hasil penilain formatif diubah kedalam nilai berskala 1 – 10, kemudian untuk setiap siswa dicari rata-rata hasil penilaian formatif dalam semester yang bersangkutan.
Nilai rata-rata ini selanjutnya dijumlahkan dengan nilai tes sumatif dan kemudian hasil penjumlahan dibagi dua. Hasil yang terakhir inilah yang akan merupakan nilai akhir bagi setiap siswa yang nantinya dijadikan nilai raport.
Perlu dikemukakan disini bahwa apabila pada nilai akhir terdapat pecahan kurang dari setengah, maka nilai itu di bulatkan kebawah. Kalau pecahannya setengah, nilai akhir tetap seperti itu. Sedangkan dalam pecahan lebih dari setengah, maka nilai dibulatkan ke atas. [4]




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa :
Nilai akhir ini merupakan kesimpulan nilai-nilai yang dicapai oleh siswa dalam ujian akhir dan rangkaian kegiatan yang telah dilakukannya.
Nilai akhir melambangkan tingkat keberhasilan peserta didik setelah mereka mengikuti program pendidikan pada jenjang pendidikan tertentu, dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Fungsi nilai akhir meliputi: fungsi intruksional, fungsi informatif, fungsi bimbingan dan fungsi administratif.
Faktor-faktor pertimbangan dalam menentukan nilai akhir adalah: prestasi/pencapaian, usaha, aspek pribadi dan sosial, dan kebiasaan bekerja.
B.     Saran
Sebagai calon pendidik (pengajar) diharapkan mahasiswa dapat mengetahui teknik-teknik dalam menentukan nilai akhir sehingga dapat dijadikan sebagai bekal dalam melaksanakan tugasnya kelak.










DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Prof.Dr. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2009.
Sudijono , Anas. Prof.Drs. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2009.



[1] Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2009)Hlm. 274
[2] Ibid, Hlm. 276
Prof. Drs. Anas Sudijono,Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,2001). Hlmn 309-310
[3] Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2009)Hlm. 277-278
[4] Ibid, Hlm. 280

0 komentar:

Posting Komentar

Rabu, 12 Desember 2012

mencari nilai akhir

Diposting oleh Aviani Nur Avivah di 14.49

mencari nilai akhir
MAKALAH
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Semester V
Program Strata Satu (S.1)
Mata Kuliah : Sistem Evaluasi Pembelajaran
Dosen
Drs. H. Ari Tasiman, M. Pd
Disusun oleh:
Disusun Oleh :
1.      Aftri Rejeki                       (2103941)
2.      Aviani Nur Avivah           (2104166)
3.      Agus Nawawi                    (2104140)

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATUL ULAMA
(STAINU) KEBUMEN
2012
 
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Dengan mengucapkan rasa syukur kehadirat Allah SWT  yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayah-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini guna memenuhi tugas mata kuliah Sistem Evaluasi Pembelajaran dengan judul “Mencari Nilai akhir” Semester lima program studi PAI di Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Kebumen.
Pada kesempatan ini penulis mengucapkan terimakasih kepada yang terhormat Bapak Drs. H. Ari Tasiman, M. Pd selaku dosen pembimbing mata kuliah Sistem Evaluasi Pembelajaran. Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna, banyak kekurangan dan kekhilafan. Oleh karena itu, kami mengharap saran dan kritik yang bersifat membangun untuk memperbaiki makalah ini di masa yang akan datang.
Semoga makalah ini bisa memberikan manfaat terutama bagi penulis dan bagi pembaca pada umumnya. Akhirnya kepada Allah jugalah semuanya kita kembalikan.
Wassalamu’alaikum Wr.Wb
    
Kebumen,………. 2012


Penyusun
DAFTAR ISI
HalamanJudul…..………………………………………………………………..     i
Kata Pengantar…..………………………………………………...……………..     ii
Daftar Isi…….…………………………………………………………………...     iii
BAB I.  PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah…………………………………………………….     1
B.                                                                                                                              Rumusan Masalah…………………………………………………………..                      1
BAB II.  PEMBAHASAN                                                                                       
A.  Definisi Nilai Akhir……………………....………………......……………..      2
B.  Fungsi Nilai Akhir……….....……..………………………………………...      2
C.  Faktor Pertimbangan dalam Menentukan Nilai Akhir..………...…………..      4
D.  Cara Menentukan Nilai Akhir…………………………………………....          5
BAB III.  PENUTUP
A. Kesimpulan………………………………………………………………….     8
B.                                                                                                                              Saran………………………………………………………………………...                                                                                                                             8
Daftar Pustaka……………………………………………….…………............     iv





BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Bagi seorang siswa, nilai merupakan sesuatu yang sangat penting karena nilai merupakan cermin dari keberhasilan belajar. Namun bukan hanya siswa sendiri saja yang memerlukan cerminan keberhasilan belajar; guru dan dan orang lainnyapun, memerlukannya. Sehingga pemberian nilai akhir bagi siswa menjadi sangat penting dalam rangka memetakan kemampuan siswa
Data nilai dapat mencakup nilai tugas, nilai ulangan harian, nilai ujian tengah semester, nilai ujian akhir semester dan nilai rangkaian kegiatan, seperti penulisan karangan, pekerjaan rumah, partisipasi dalam kelas, praktek dan sebagainya. Nilai akhir yang diberikan kepada siswa ditentukan berdasar nilai akhir tersebut, sehingga nilai akhir ini merupakan kesimpulan nilai-nilai yang dicapai oleh siswa dalam ujian akhir dan rangkaian kegiatan yang telah dilakukannya.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa definisi dari nilai akhir ?
2.      Apa sajakah fungsi dari nilai akhir ?
3.      Apa sajakah faktor yang perlu dipertimbangan dalam menentukan nilai akhir ?
4.      bagaimana cara dalam menentukan nilai akhir ?





BAB II
PEMBAHASAN
A.    Definisi Nilai Akhir
Nilai akhir sering juga dikenal dengan istilah nilai final yaitu nilai baik berupa angka atau huruf yang melambangkan tingkat keberhasilan peserta didik setelah mereka mengikuti program pendidikan pada jenjang pendidikan tertentu, dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Nilai merupakan pemberian dan penentuan pendapat pendidik terhadap peserta didiknya, terutama mengenai perkembangan, kemajuan dan hasil-hasil yang telah dicapai oleh peserta didik yang berada dibawah asuhannya, setelah mereka menempuh proses pembelajaran dalam jangka waktu tertentu.
B.     Fungsi Nilai Akhir
Penentuan nilai akhir secara garis besar memiliki empat macam fungsi yaitu: fungsi intruksional, fungsi informatif, fungsi bimbingan dan fungsi administratif.[1]
1.      Fungsi Intruksional
Tidak ada tujuan yang lebih penting dalam proses belajar mengajar kecuali mengusahakan agar perkembangan dan belajar siswa mencapai tingkat optimal. Pemberian nilai merupakan salah satu cara dalam usaha ke arah tujuan itu, asal dilakukan dengan hati-hati dan bijaksana.
Pemberian nilai merupakan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memberikan suatu balikan (feed back / umpan balik) yang mencerminkan seberapa jauh seorang siswa telah mencapai tujuan yang ditetapkan dalam pengajaran atau system instruksional.
Apabila pemberian nilai dapat dilakukan dengan cermat dan terperinci, maka akan lebih mudah diketahui pula keberhasilan dan kegagalan siswa disetiap bagian tujuan. Oleh karena itu, penggabungan nilai dari berbagai nilai sehingga menjadi nilai akhir, kadang-kadang dapat menghilangkan arti dari petunjuk yang semula telah disajikan secara teliti. Nilai rendah yang diperoleh seorang atau beberapa siswa, jika disajikan dalam keadaan yang terperinci akan membantu siswa dalam usaha memperbaiki dan memberi motivasi peningkatan prestasi berikutnya. Bagi pengelola pengajaran, sajian terperinci nilai siswa dapat berfungsi menunjukan begian-bagian proses mana yang perlu diperbaiki.
2.       Fungsi Informatif
Memberikan nilai siswa kepada orang tuanya mempunyai arti bahwa orang tua tersebut menjadi tahu akan kemajuan dan prestasi putranya di sekolah. Catatan ini akan sangat berpengaruh, terutama bagi orang tua yang ikut serta menyadari tujuan sekolah dan perkembangan putranya. Dengan catatan ini orang tua akan:
a.       Sadar terhadap keadaan putranya, untuk kemudian lebih baik memberi bantuan berupa perhatian, dorongan ataupun bimbingan, dan
b.      Hubungan orang tua dengan sekolah semakin lebih baik.

3.      Fungsi Bimbingan
Pemberian nilai kepada siswa akan mempunyai arti besar bagi pekerjaan bimbingan. Dengan perincian gambaran nilai siswa, petugas bimbingan akan segera tahu bagian-bagian mana dari usaha siswa disekolah yang masih memerlukan bantuan. Catatan lengkap yang juga mencakup tingkat (rating) dalam kepribadian siswa serta sifat-sifat yang berhubungan denga rasa sosial akan sangat membantu siswa dalam mengarahkannya sebagai pribadi yang seutuhnya.
4.      Fungsi Administratif
Secara administratif pemberian nilai akhir oleh seorang pendidik terhadap peserta didiknya itu memiliki fungsi sebagai berikut:
1.      Menentukan kenaikan dan kelulusan siswa.
2.      Memindahkan atau menempatkan siswa.
3.      Memberikan beasiswa.
4.      Memberikan rekomendasi untuk melanjutkan belajar.
5.      Memberi gambaran tentang prestasi siswa/lulusan kepada para calon pemakai tenaga kerja.

C.    Faktor Pertimbangan dalam Menentukan Nilai Akhir
Walaupun hal yang dinilai tidak sama bagi setiap sekolah, namun secara garis besar dapat ditentukan unsur umum dalam penilaian yang menyangkutnya faktor-faktor yang harus dipertimbangkan. Unsur-unsur umum tersebut adalah: prestasi/pencapaian, usaha, aspek pribadi dan sosial, kebiasaan bekerja.[2]
1.         Prestasi / Pencapaian (achievment)
Nilai prestasi harus mencerminkan tingkatan-tingkatan siswa sejauh mana telah dapat mencapai tujuan yang ditetapkan di setiap bidang studi. Simbol yang digunakan untuk menyatakan nilai, bail huruf maupun angka, hendaknya hanya merupakan gambaran tentang prestasi saja. Unsur pertimbangan atau kebijaksanaan guru tentang usaha dan tingkah laku siswa tidak boleh ikut berbicara pada nilai tersebut.
2.         Usaha (effort)
Disamping nilai-nilai hasil belajar yang diacapai oleh peserta didik, faktor usaha yang telah mereka lakukan juga perlu mendapat pertimbangan dalam rangka penentuan nilai akhir. Sekalipun misalnya seorang peserta didik hanya dapat mencapai nilai-nilai hasil belajar yang minimal (prestasinya rendah), namun apabila pendidik dengan secara cermat dapat mengamati – sehingga dapat diperoleh bukti bahwa dengan nilai-nilai hasil test, hasil belajar yang rendah itu sebenarnya sudah merupakan hasil usaha yang sungguh-sungguh (sangat rajin dalam mengikuti pelajaran, tekun didalam belajar dan sebagainya), maka sudah selayaknya kepada peserta didik tersebut dapat diberikan nilai penunjuang sebagai penghargaan atas usaha sungguh-sungguh dari peserta didik itu, tanpa mengenal rasa putus asa.
Sebaliknya bagi peserta didik yang memiliki nilai-nilai hasil tes hasil belajar yang rendah tetapi dengan nilai-nilai yang rendah itu peserta didik tadi tidak tampak adanya usaha yang sungguh-sungguh untuk memperbaiki prsetasinya (malas dalam mengikuti pelajaran, sering membolos, belajar setengah-setengah dan sebagainya), maka adalah cukup beralasan bagi pendidik untuk memberikan nilai akhir menurut apa adanya.
3.        Aspek Pribadi dan Sosial (personal and social characterisitics)
Karakter yang dimiliki oleh peserta didik baik sebagai individu maupun sebagai anggota kelompok perlu juga mendapat pertimbangan dalam penentuan nilai akhir.
            Seorang peserta didik yang sekalipun prestasi belajarnya tergolong menonjol namun akhlaknya tidak baik, indisipliner, sering berbuat curang atau berbuat onar dan sebagainya perlu mendapatkan ”hukuman” seimbang berupa pengurangan nilai akhir.

4.  Kebiasaan Bekerja (working habits)
Yang dimaksud dengan kebiasaan kerja disini adalah hal-hal yang berhubungan dengan kebiasaan melakukan tugas. Misalnya: tepat waktu atau tidaknya dalam menyerahkan pekerjaan rumah (PR), rapih tidaknya hasil pekerjaan rumah tersebut, ketelitiannya dalam menghitung dan sebagainya. Dapat juga dimasukan disini: kebersihan badan, kerapian berpakaian dan sebagainya.
D.     Cara Menentukan Nilai Akhir
Tiap guru mempunyai pendapat sendiri tentang cara menentukan nilai akhir. Hal ini sangat dipengaruhi oleh pandangan mereka terhadap penting dan tidaknya bagian yang dilakukan siswa. Yang dimaksudkan dengan kegiatan-kegiatan siswa misalnya: menyelesaikan tugas, mengikuti diskusi, menempuh tes formatif, menempuh tes tengah semester, tes semester, rajin dalam mengikuti proses KBM, dan sebagainya.
            Penentuan nilai akhir dilakukan terutama pada waktu guru akan mengisi raport atau STTB. Biasanya dalam menentukan nilai akhir ini guru sudah dibimbing oleh suatu peraturan atau pedoman yang dikeluarkan oleh pemerintah atau kantor/badan yang membawahinya.[3]
Dibawah ini terdapat beberapa rumus untuk menetukan nilai akhir yaitu sebagai berikut:
a.       Memperoleh nilai akhir dengan mempertimbangkan nilai tes formatif dan tes sumatif.
  
Keterangan:
NA    : Nilai Akhir
F       : Nilai Tes Formatif
S       : Nilai Tes Sumatif

b.      Nilai akhir diperoleh dari nilai tugas, nilai ulangan harian, dan nilai ulangan umum dengan bobot 2,3, dan 5.
Keterangan:
NA    : Nilai akhir
T       : Nilai tugas
H       : Nilai ulangan harian (rata-ratanya)
U       : Nilai ulangan umum.
c.       Nilai akhir untuk STTB diperoleh dari rata-rata nilai ulangan harian (diberi bobot 1) dan nilai EBTA (diberi bobot 2), kemudian dibagi 3.


Keterangan:
∑ H   : Jumlah nilai ulangan harian
E        : Nilai EBTA
nH     : Frekuensi ulangan harian
Setelah hasil-hasil penilain formatif diubah kedalam nilai berskala 1 – 10, kemudian untuk setiap siswa dicari rata-rata hasil penilaian formatif dalam semester yang bersangkutan.
Nilai rata-rata ini selanjutnya dijumlahkan dengan nilai tes sumatif dan kemudian hasil penjumlahan dibagi dua. Hasil yang terakhir inilah yang akan merupakan nilai akhir bagi setiap siswa yang nantinya dijadikan nilai raport.
Perlu dikemukakan disini bahwa apabila pada nilai akhir terdapat pecahan kurang dari setengah, maka nilai itu di bulatkan kebawah. Kalau pecahannya setengah, nilai akhir tetap seperti itu. Sedangkan dalam pecahan lebih dari setengah, maka nilai dibulatkan ke atas. [4]




BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa :
Nilai akhir ini merupakan kesimpulan nilai-nilai yang dicapai oleh siswa dalam ujian akhir dan rangkaian kegiatan yang telah dilakukannya.
Nilai akhir melambangkan tingkat keberhasilan peserta didik setelah mereka mengikuti program pendidikan pada jenjang pendidikan tertentu, dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Fungsi nilai akhir meliputi: fungsi intruksional, fungsi informatif, fungsi bimbingan dan fungsi administratif.
Faktor-faktor pertimbangan dalam menentukan nilai akhir adalah: prestasi/pencapaian, usaha, aspek pribadi dan sosial, dan kebiasaan bekerja.
B.     Saran
Sebagai calon pendidik (pengajar) diharapkan mahasiswa dapat mengetahui teknik-teknik dalam menentukan nilai akhir sehingga dapat dijadikan sebagai bekal dalam melaksanakan tugasnya kelak.










DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, Suharsimi. Prof.Dr. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara. 2009.
Sudijono , Anas. Prof.Drs. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada. 2009.



[1] Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2009)Hlm. 274
[2] Ibid, Hlm. 276
Prof. Drs. Anas Sudijono,Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada,2001). Hlmn 309-310
[3] Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2009)Hlm. 277-278
[4] Ibid, Hlm. 280

0 komentar on "mencari nilai akhir"

Posting Komentar